AKTIVITAS BERMAIN DAN ANEKA RAGAM PERMAINAN

Aktivitas Bermain

  1. Asas-asas perkembangan anak

Asas perkembangan anak antara lain:

  • Ø Perkembangan dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.
  • Ø Perkembangan yaitu suatu proses yang teratur dan berkelanjutan.
  • Ø Tempo perkembangan tidak merata.
  • Ø Setiap anak mempunyai tempo perkembangan sendiri.
  • Ø Proses perkembangan seorang anak terdiri dari beberapa tahap.
  1. Alat permainan dan bermain di TK

1)   Fungsi alat permainan/mainan

  • Mainan untuk melatih otot besar dan kecil
  • Mainan unuk mengembangkan fantasi.
  • Mainan untuk melatih keterampilan.
  • Mainan untuk mengembangkan daya pikir.
  • Mainan untuk mengembangkan perasaan sosial emosional anak.
  • Mainan untuk mengembangkan kreativitas.
  • Mainan untuk rasa keindahan.

2)   Persyaratan alat permainan

  • Setiap alat permainan hendaknya menonjolkan fungsi pedagogis yang sesuai dengan usia dan taraf perkembangan anak.
  • Ukuran dan bentuknya sesuai dengan usia anak.
  • Aman dan tidak berbahaya bagi anak.
  • Menarik baik warna dan bentuknya.
  • Awet, tidak mudah rusan dan mudah pemeliharaannya.

3)   Alat permainan manipulatif

Alat permainan manipulatif lebih sering dilakukan di atas meja dengan alat permainan yang disebut mainan meja, antara lain:

  • Kesenangan anak akan warna yang menarik dan mencolok dapat terpuaskan dengan alat manipulatif seperti: papan jamur, kotak pos, bentuk geometris.
  • Untuk meningkatkan daya kreatif anak dapat disediakan papan lukis kecil, kuas, cat, kertas gambar, krayon dll.
  • Alat permainan lainnya seperti botol kecil, puzzle, kertas lipat, manik-manik dan benang.
  • Alat permainan untuk mengancingkan baju, membuka dan menutup ritsluiting, mengikat tali sepatu atau pita.
  • Latihan membentuk dengan lilin/plastisin.
  • Kartu-kartu jahit yang dibuat dari lembar styrofoam.

4)   Tugas guru dalam pengadaan alat bermain

  • Pilihlah mainan atau ala bermain yang cukup untuk digunakan dalam satu hari sesuai tema.
  • Tempatkan alat bermain di atas rak yang dapat dijangkau oleh anak.
  • Letakkan alat bermain di atas meja dalam area kegiatan yang sesuai sebelum anak-anak tiba.
  • Simpan alat-alat sejenis dalam satu wadah.
  • Rawat semua mainan, perhatikan bila ada yang rusak.
  • Sering-sering menukar mainan dengan persediaan yang disimpan.
  • Biarkan anak-anak memainkan alat permainan selama kegiatan bermain bebas.
  • Usahakan ada tempat duduk yang nyaman serta suhu yang segar bagi anak.
  1. Merencanakan pengaturan lingkungan bermain di TK

Pengaturan lingkungan sebaiknya didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:

  • Disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak.
  • Dapat menstimulasi perkembangan anak.
  • Tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani.

Lingkungan bermain anak TK antara lain:

  • Lingkungan bermain di luar ruangan.
  • Lingkungan bermain di dalam ruangan.
  • Aktivitas bermain balok, pasir dan air.

Aneka Ragam Permainan Anak

Aneka ragam permainan anak yaitu bermain terpimpin. Aktivitas permainan terpimpin dapat membantu guru menciptakan permainan, antara lain:

  • Permainan dalam lingkaran.
  • Permainan dengan alat.
  • Permainan tanpa alat.
  • Permainan dengan angka.
  • Permainan dengan nyanyian.
  • Permainan bentuk lomba.
  • Permainan mengasah panca indra.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: