PENCIPTAAN KARYA TARI

MODUL 7 PENCIPTAAN KARYA TARI

 

Kegiatan Belajar 1 Penciptaan Karya Tari

  1. A.    Perencanaan Tari

Perencanaan tari adalah kegiatan berpikir untuk merencanakan sebuah karya tari, hasil kegiatan ini berupa gagasan tari. Gagasan adalah kehendak yang belum diwujudkan, berkaitan dengan tema, bentuk, dan gaya tari yang akan dibuat. Rencana tari disebut pula dengan istilah konsep tari.

Format dan sistematika konsep tari dalam bentuk tulisan, seperti berikut ini:

Penjelasan butir-butir dalam format dan sistematika perencanaan tari adalah sebagai berikut:

  1. Pendahuluan:
    1. Latar belakang mencipta tari menjelaskan tentang alasan-alasan penata tari ingin mencipta tarian.
    2. Manfaat mencipta tari menjelaskan tentang untuk apa tarian itu diciptakan dan apa harapan penata tari setelah mencipta tari
    3. Acuan teoritik menjelaskan tentang hasil telaah penata tari terhadap buku-buku yang telah dibaca berkaitan  dengan bentuk  karya tarinya.
    4. Metode garapan
      1. Tujuan mencipta tari menjelaskan tentang target yang ingin dicapai dari kegiatan mencipta tari.
      2. Langkah-langkah mencipta tari menjelaskan tentang urutan rencana kegiatan penata tari dalam membuat karya tari, mulai dari kegiatan menemukan gagasan tari sampai dengan pementasan tari.
    5. Kosep dasar karya tari
      1. Orientasi garapan menjelaskan tentang batasan-batasan tari yang akan dibuat.
      2. Komposisi tari menjelaskan tentang rencana susunan berbagai unsur komposisi.

Kegiatan Belajar 2 Pengetahuan Mencipta Tari

  1. A.    Langkah-langkah Mencipta Tari
    1. 1.      Penemuan gagasan

Tahap menemukan gagasan tema dan gagasan bentuk tari, yang diawali dengan kegiatan memberikan rangsangan kepada pancaindra.

  1. 2.      Pendalaman gagasan

Tahap untuk lebih memahami tema tari dan bentuk tari yang akan dibuat, caranya dengan eksplorasi, improvisasi dan evaluasi.

  1. 3.      Pewujudan gagasan/komposisi tari

Tahap membuat susunan ragam gerak, desain lantai, musik, dramatik sesuai dengan tema tari dan bentuk tari yang diinginkan.

  1. 4.      Pementasan tari

Kegiatan mempertunjukkan karya tari di depan penonton. Rangkaian kegiatan pementasan tari adalah latihan, pementasan dan pembahasan/evaluasi tari.

  1. B.     Mencipta Tari Bersama Anak Didik

Kegiatan pembelajaran mencipta tari katak yang melibatkan anak didik, sebagai berikut:

  1. Tujuan Instruksional Khusus
  2. Tujuan Instruksional Umum
  3. Mengembangkan kemampuan mengamati dan mendengar
  4. Merangsang imajinasi
  5. Mengajarkan tentang perasaan
  6. Mengembangkan kemampuan berbahasa dan berpikir
  7. Meningkatkan pemahaman anggota tubuh
  8. Melatih koordinasi anggota tubuh
  9. Mengembangkan kemampuan berpikir evaluatif
  10. Memacu dan mengembangkan kreativitas anak

 

Kegiatan Belajar 3 Pementasan Tari

  1. A.    Pementasan Tari
    1. 1.      Latihan

Jenis kegiatan yang dilakukan pada latihan ini antara lain:

  1. Latihan gerak.
  2. Latihan penguasaan tempat menari, dengan cara melatih anak-anak menempati posisinya masing-masing dan melatih perubahan posisi dan perubahan formasi.
  3. Latihan menyelaraskan gerak dengan musik.
  4. Latihan menghayati peran sesuai tema tari, bentuk kegiatan menghayati peran dan tema tari.
  5. 2.      Pementasan tari

Kegiatan ini merupakan puncak dari keseluruhan proses penciptaan tari. Pementasan tari sebagai media untuk menunjukkan hasil karya anak dan guru kepada orang lain. Jenis kegiatan pementasan tari adalah anak-anak (penari) menari di depan penonton, mengenakan tata rias dan busana yang cocok dengan peran atau tema tarinya. Pementasan tari juga dapat dilengkapi dengan tata lampu, tata panggung dan tata suara yang sesuai.

3.      Pembahasan/evaluasi tari

Pembahasan/evaluasi tari merupakan rangkaian kegiatan akhir pementasan tari, bentuk kegiatannya adalah pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan mutu pementasan tari dan mutu pengelolaan pementasan tari.

Untuk memahami materi pembahasan/evaluasi tari, lakukan kegiatan berikut:

  1. Tulislah daftar pertanyaan, dalam tabel latihan berikut!
  2. Tanyakanlah setiap butir pertanyaan yang telah dibuat kepada anak didik!
  3. Tulislah pendapat anak dalam tabel berikut!

No.

Pertanyaan Guru

Pendapat Anak

     

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: